Propolis

Propolis memiliki senstivitas yang tinggi. Hanya membunuh kuman penyebab penyakit saja, sedangkan mikroba yan berguna seperti flora usus tidak terganggu oleh propolis. Zat aktif bersifat antibiotik yang terkandung dalam propolis adalah asam ferulat. Senyawa ini efektif menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan negatif. Asam ferulat juga bersifat agglutinating (berperan dalam pembekuan darah) sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat luka. Diberikan dalam bentuk salep.

Hasil penelitian di Cina membuktikan bahwa propolis memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri Stpahylococcus Aureus yaitu kuman pemicu gangguan pada gigi. Bakteri lain yang bisa dihambat pertumbuhannya oleh propolis yaitu beberapa species bakteri streptococcus penyebab karies gigi. Penelitian lain memaparkan bahwa propolis mampu menghambat pertumbuhan virus penyebab influenza.

Propolis bersifat antibiotik karena senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri dengan jalan menghancurkan dinding sel dan sitoplasma. Propolis juga bersifat bakterisidal terhadap berbagai jenis bakteri. Contohnya, Bacilus Subtitlis, streptomyces, streptomyces obrinus, sachromyces cerevisiae, salmonella, bacteroides nodocus, klebsiella pneumoniae.


=====================================

>>> Madu Propolis - Madu Kesehatan Untuk Menjaga Kesehatan, Stamina Tubuh, Mengatasi dan Mengobati Berbagai Penyakit!, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Propolis Madu and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>