Propolis

Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Propolis memiliki senstivitas yang tinggi. Hanya membunuh kuman penyebab penyakit saja, sedangkan mikroba yan berguna seperti flora usus tidak terganggu oleh propolis. Zat aktif bersifat antibiotik yang terkandung dalam propolis adalah asam ferulat. Senyawa ini efektif menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan negatif. Asam ferulat juga bersifat agglutinating (berperan dalam pembekuan darah) sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat luka. Diberikan dalam bentuk salep.

propolis

propolis

Hasil penelitian di Cina membuktikan bahwa propolis memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri Stpahylococcus Aureus yaitu kuman pemicu gangguan pada gigi. Bakteri lain yang bisa dihambat pertumbuhannya oleh propolis yaitu beberapa species bakteri streptococcus penyebab karies gigi. Penelitian lain memaparkan bahwa propolis mampu menghambat pertumbuhan virus penyebab influenza.

Propolis bersifat antibiotik karena senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri dengan jalan menghancurkan dinding sel dan sitoplasma. Propolis juga bersifat bakterisidal terhadap berbagai jenis bakteri. Contohnya, Bacilus Subtitlis, streptomyces, streptomyces obrinus, sachromyces cerevisiae, salmonella, bacteroides nodocus, klebsiella pneumoniae.

Manfaat propolis madu yang lebih kepada:

  • Memperkuat stabilitas struktur sarang lebah itu sendiri.
  • Mengurangi getaran di dalam sarang lebah.
  • Memperkuat pertahanan sarang lebah dengan menutup jalur masuk alternatif menggunaka propolis.
  • Mencegah penyakit dan parasit memasuki sarang lebh, serta menghalangi pertumbuhan bakteri dalam sarang lebah.
  • Mengisolasi binatang yang terlanjur masuk dan mati di dalam sarang sehingga menjadi mumi yang tidak terlalu berbau dan berbahaya.

Sejarah dari propolis madu.

Awalnya, pendeta Mesir kuno menggunakan propolis sebagai salah satu bahan mengawetkan mumi mumi yang ada di dalam piramit mesir. Dalam dunia kedokteran Arab, propolis diidentifikasi oleh Ibnu Sina sebagai malam yang berwarna gelap, sebagai sisa kotoran dari sarang. Sementara malam yang berwarna bening dikenali sebagai bahan untuk membuat sarang. Malam yang berwarna gelap ini diketahui memiliki sifat membersihkan. Namun tertulis juga dalam catatan Ibnu Sina, jika dicium akan menyebabkan bersin. Bangsa Asiria kuno mempercayai propolis sebagai obat untuk melawan kanker dan tumor. Sementara Bangsa Yunani menggunakannya untuk mengobati bisul.

Dalam pengobatan tradisional Georgia, ditemukan salep yang mengandung propolis untuk mengobati beberapa penyakit. Propolis digunakan untuk bayi yang baru lahir atau diusapkan kepada mainannya. Propolis juga digunakan untuk mengobati kutil, jika terjadi gangguan pernapasan, dan juga dalam kasus luka bakar dan angina. Manfaat propolis bisa ditelusuri dari sifat antimikrobanya. Begitu banyak klaim pengobatan tradisional yang menggunakan propolis, namun khasiatnya di era modern belum bisa sepenuhnya dibuktikan.

Selama puluhan tahun, peternak lebah berasumsi bahwa lebah menggunakan propolis untuk melindungi koloni dari gangguan kecil seperti hujan atau serangan udara dingin. Hanya saja, sejak abad ke 20 telah diteliti bahwa lebah bukan hanya bertahan, bahkan malah semakin berkembang dengan adanya ventilasi selama musim dingin.

manfaat propolis madu bagi manusia adalah:

  1. Sebagai anti bakteri dan anti virus. Dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri seperti muntaber, thypus, keputihan karena bakteri. Dan penyembuhan penyakit akibat virus seperti flu, demam berdarah, dan yang lainnya.
  2. Masu yang dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini.
  3. Dapat melawan Giardia sp. dan Trichomonas sp. dengan berperan menjadi anti parasit- aktif.
  4. Sebagai anti peradangan serta obat luka, seperti luka bakar, maag, radang tenggorokan, radang dinjal, dan jenis ragang lainnya.
  5. Dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan menstimulasi produksi anti bodi.
  6. Madu yang berfungsi sebagai anti tumor dan dapat memberikan perlindungan dari paparan radiasi.
  7. Madu dag digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jamur seperti panu, keputihan akibat jamur, ketobe, dan lain sebagainya.

Propolis memiliki kandungan yang dapat mempertebal ketahanan tubuh karena peropolis madu mengandung Vitamin A,B,C,D,E. 16 rantai asam amino essensial yang dibutuhkan tubuh untuk regenegasi sel tubuh. Semua kandungan mineral kecuali sulfur. Bioflavanoid yang dapat mengimbangi radikal bebas atau sebagai antioksidan.

Resiko alergi yang mungkin ditimbulkan dari propolis madu.

Propolis mungkin akan menimbulkan alergi, terutama kepada pengguna yang memiliki alergi kepada lebah, atau produkapapun yang berasal dari lebah. Tablet hisap yang mengandung propolis bisa menyebabkan iritasi dan bisul di mulut. Mereka yang memiliki riwayat asma juga disarankan menghindari propolis madu. Untuk ibu hamil dan menyusui, belum pernah dilakukan penelitian, namun sebaiknya dihindari karena tidak jelasnya efek samping dan takut terjadi apa apa dengan bayi dalam kandungan anda. Pengguna propolis yang terlalu lama menggunakan propolis bisa mengalami pembengkakan, penumpukan cairan, sensasi terbakar, eksim, dan demam.

Untuk membedakan propolis madu yang asli dengan yang palsu cukup mudah hanya dengan cara:

  • Bakar propolis madu Hingga Berbusa
  • Masukan propolis madu Madu Kedalam segelas Air
  • Ujicoba Keaslian Madu Dengan Korek Api
  • Uji Coba Ke Aslian Madu Melalui Kertas
  • Masukan madu asli kedalam Lemari Es

Untuk anda yang belum percaya akan khasiat propolis madu ini silahkan mencobanya sebagai obat penyembuhan yang sangat manis bahkan melebihi gula.


=====================================

>>> Madu Propolis - Madu Kesehatan Untuk Menjaga Kesehatan, Stamina Tubuh, Mengatasi dan Mengobati Berbagai Penyakit!, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Propolis Madu and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>